Peluang Usaha, Bisnis Rumahan, Bisnis Moment & Produk Moment

Info Bisnis & Produk Kesehatan/ Kecantikan Terkini

Trik-Trik Menghadapi Wawancara

Wawancara adalah suatu proses yang perlu Anda hadapi untuk menjadi karyawan disuatu perusahaan. Sebelum saya bergabung diperusahaan dimana saya bekerja saat ini pun saya menghadapi wawancara. Dan alhamdulilah saya pun akhirnya bisa bergabung diperusahaan tersebut.

Dulu saya yang di interview, tapi sekarang saya yang meng-interview calon kandidat yang akan bergabung dalam tim saya. Memang saya bekerja bukan sebagai HRD atau yang lebih dikenal dengan sebutan bagian ketenagakerjaan, tapi sebagai seorang leader saya harus terjun langsung untuk perekrutan calon karyawan baru khususnya kandidat yang akan bergabung dalam tim saya.

Saya sudah mewawancarai beberapa kandidat. Dari beberapa kandidat tersebut memang bermacam-macam karakternya. Nah dari karakter yang tercemin pada saat wawancara inilah yang akan menentukan apakah Anda diterima atau tidak. Saya ingin berbagi tips untuk Anda yang akan menghadapi wawancara kerja.

Tunjukan Senyum dan Minat Anda. Terdengar sepele memang, tetapi pengaruh senyuman sangat berarti dalam proses wawancara. Contohnya saja ketika saya mewawancarai kandidat, jujur saya lebih tertarik dengan kandidat yang murah senyum dari pada yang terlihat cool. Seseorang yang murah senyum biasanya menghargai lingkungan sekitar dan mau bekerja secara tim *itu pendapat saya. Dan jangan lupa untuk menunjukan ketertarikan Anda terhadap posisi yang ditawarkan. Ini sangat penting sebagai tolak ukur si pewawancara untuk menilai Anda apakah Anda benar-benar tertarik dengan posisi tersebut. Jika Anda tertarik dengan posisi tersebut, maka Anda akan bekerja dengan serius. Dan sebaliknya.

Rendah Hati. Sikap rendah hati penting untuk memperlancar tujuan Anda agar diterima untuk bergabung dalam tim. Saya pernah mewawancarai seorang kandidat, memang ia sudah mempunyai pengalaman yang lumayan ok, tetapi dengan gayanya yang selangit dan terlalu “sok” saya langsung tidak interest untuk melanjutkan wawancara. Saya hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk mewawancarai kandidat tersebut. berbalik dengan kandidat yang “sok” ini, saya juga pernah mewawancarai seorang kandidat yang menurut saya ok. Banyak ilmunya tapi rendah hati, nah hal yang seperti inilah yang disukai dengan si pewawancara. So be humble!

Menetapkan salary. Biasanya salary menjadi pertimbangan akhir untuk menentukan diterima tidaknya kandidat baru. Saya pernah membaca CV seorang yang saya wawancarai, Ia menetapkan standar salary yang menurut saya terlalu tinggi sebesar Rp. 4.000.000, padahal Ia seorang fresh graduate. Jika Anda seorang fresh graduate jangan menetapkan standar salary yang terlalu tinggi. Jika Anda 10 kali wawancara dan dari ke 10 wawancara tersebut Anda menetapkan standar salary yang tinggi saya yakin Anda tidak akan mendapatkan pekerjaan. Terkadang perusahaan butuh bukti performa kerja karyawan baru baru menentukan salary.

Itu tadi trik-trik dari saya, semoga bisa membantu teman-teman yang sendang mencari kerja. GOOD LUCK!

Leave a Reply

bisnismomentarkini

Bisnis Sampingan Pekerja Kantoran Masa Kini

Info Bisnis Rumahan Moment

Bisnis Rumahan Terfenomenal di Indonesia | Hubungi Segera PIN BB 57BA4284/ WA 082281627462

Discover

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

Broken Secrets

Sharing some of life's best kept secrets

Marco's Thirties

An opinionated, unfiltered, unreferenced set of Mark's random thoughts. Warning: You will be offended!

Team BeYoutiful

Team blog & training website.

Pille Kapetanakis

Empowered Entrepreneur - from Start to Success

An Exceptional coco Life.

How to live an exceptional life with coco.

Mikey's In My Kitchen

Cooking For An Inspirational Eater

Cookin' five square meters

Love for food in 5 square meters

Peluang Bisnis Moment

Peluang Bisnis Terbaru 2016

Peluang Usaha, Bisnis Rumahan, Bisnis Moment & Produk Moment

Info Bisnis & Produk Kesehatan/ Kecantikan Terkini

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

tomstablescraps.wordpress.com/

Get the Zest out of life

Fresh & Foodie

A food blog with a buzz. Born and raised in Chicago.

