Tips Mencari Pekerjaan (Part 11) – JobsDB.com Career Expo 2011

Kemaren saya membahas bagaimana mencari pekerjaan melalui situs yang memang menyediakan informasi lowongan kerja untuk seluruh Indonesia *Tips Mencari Pekerjaan (Part 1). Dan khusus untuk bagian ke dua ini saya akan membahas tips mencari pekerjaan melalui JOB FAIR / CAREER EXPO atau sejenisnya.

Sebelum saya memberikan tips mencari kerja di Job Fair, saya akan menjelaskan apa itu Job Fair / Career Expo. Job Fair/ Career Expo adalah suatu media yang digunakan untuk mempertemukan pencari kerja (job seeker) dengan perusahaan (employer). Dalam event ini kandidat terbaik dan perusahaan terbaik akan dipertemukan guna memenuhi kebutuhan rekrutmen suatu perusahaan.

Berikut beberapa Job Fair/Career Expo yang pernah diadakan: JobsDB.com Career Expo, UI Career Expo, JobsDB.com Campus Hiring dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa tips mencari kerja melalui Job Fair / Career Expo versi saya:

1.Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Sebelum acara Job Fair dimulai, biasanya dari pihak EO atau pun perusahaan yang mengadakan Job Fair tersebut akan mengumumkan kepada masyarakat melalui berbagai macan cara, seperti iklan di TV, Billboard yang dipasang di jalan – jalan, spanduk, iklan di radio, di website bahkan di social media perusahaan tersebut (Facebook dan Twitter). Cari tahu informasi sebanyak mungkin tentang acara tersebut agar Anda tidak salah informasi.

2.Persiapkan Diri Anda

Setelah mencari tahu informasi selengkap mungkin, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan diri Anda untuk ikut berpartisipasi dalam Job Fair / Career Expo tersebut. Siapkan surat lamaran, CV dan dokumen pendukung lainnya. Ingat sesuaikan dengan ketentuan yang diminta oleh penyelenggara Job Fair / Career Expo, misal menggunakan USB atau paper print.

3.Datang lebih Awal

Job Fair / Career Expo adalah event masal, jadi akan banyak perncari kerja yang akan hadir dalam event ini, so akan lebih baik jika Anda datang lebih awal agar Anda dapat leluasa melamar pekerjaan ke perusahaan yang menjadi peserta event tersebut.

4.Penampilan Terbaik

Tunjukan penampilan terbaik Anda ketika Anda datang ke acara tersebut. Di acara ini Anda akan bertemu dengan HRD perusahaan yang menjadi peserta, jangan sampai Anda dinilai tidak compatible hanya karena pakayan Anda yang tidak pantas. Jika ini terjadi Anda telah memperkecil peluang Anda untuk diterima.

5.Cari Link Sebanyak-banyaknya

Jangan ragu untuk bertanya atau sekedar mencai informasi tambahan kepada HRD yang menjaga stand di setiap booth. Anggap saja Anda tidak mendapatkan pekerjaan dalam event tersebut, maka Anda masih ada jalan lain untuk mendapatkan pekerjaan dengan mencari informasi kepada contact person yang ada di stand tersebut. Dan tentu saja buat relasi dengan sesama pencari kerja yang hadir di acara tersebut. Hal ini penting untuk menunjang langkah Anda selanjutnya.

 

 

SEMOGA BISA MEMBANTU….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s